Minggu, 07 Juni 2015

Review Aksesoris Gitar

    Lagi belajar main gitar atau bahkan udah mulai bisa main gitar? Pernah coba pake aksesoris buat gitar? Gue juga awalnya gak terlalu peduli sama berbagai macam aksesoris yang tersedia buat gitar, gue cuma fokus latihan ngapalin posisi chord di gitar sama ngelatih ritme
tapi lama-lama gue mulai ngasih perhatian lebih buat berbagai aksesoris gitar yang ternyata seru juga buat dipake.
Kali ini gue mau nyeritain beberapa pengalaman yang udah gue alami sendiri soal aksesoris gitar yang udah gue bikin dalam list, oke kita mulai aja dari nomer 1 :

1. Pick Gitar
 
    Pick gitar? pasti tau lah, benda yang umumnya berbentuk oval dengan bahan terbuat dari plastik ini merupakan aksesoris yang gue anggep kastanya itu setingkat dengan harta karun negara. Pick gitar sebenernya nggak terbuat dari plastik aja, bentuknya juga gak selamanya oval gitu, tapi ada juga yang terbuat dari besi, gue "dulu" pernah beli harganya Rp 5000,00,- tapi gak gue pake cuma gue simpen aja soalnya bentuknya bagus, agak oval trus warnanya itu silver mengkilap kaya stainless steel.
    Setiap pick gitar juga punya ketebalan tertentu, ketebalan ini yang jadi faktor utama aktu milih pick, pick yang tebel itu biasanya buat main melodi karena tebal dan kaku jadi enak buat main melodi, sedangkan yang agak tipis dan lentur itu buat main ritem alias digenjreng, yang tipis itu sifatnya lentur jadi enak ngikution gerakan tangan waktu naik-turun genjreng gitar.
Tau kenapa ini benda gue anggep sama kaya harta karun negara yang harus dilindungi? Ini karena sifat alami gue yang pelupa dengan benda kecil, gue sering banget lupa dimana terakhir kali gue ngeletakin si "kecil" ini.
    "Tadi gue baru dari toko alat musik beli pick gitar, trus semenit yang lalu masih gue mainin, sekarang kemana larinya itu pick ya?" kira-kira itu yang biasanya gue omongin sama diri gue sendiri waktu gue kehilangan pick.
    Karena sering kehilangan pick juga gue mesti ngeluarin biaya lebih buat beli pick baru tiap kali pick gue ilang, pemborosan sih ini sebenernya tapi mau gimana lagi, namanya juga udah hobi. Sekarang gue udah jarang kehilangan pick soalnya tiap beli pick langsung gue simpen di dompet, jadi selesai main langsung gue balikin ke dompet lagi. Selain gak gampang ilang pick yang disimpen didompet juga bakal ikut kemana itu dompet lu bawa, jadi ketika ada
kesempatan yang gak diduga dan gak disangka dimana lu mesti ngunjukin kemampuan lu dalam bergitar otomatis pick yang ada di dalam dompet tadi siap mem"back-up" setiap kemampuan lu, keren kan? hehe ini pengalaman pribadi gue sih sebenerya, paling enak itu waktu ada orang bawa gitar dan lu disuruh main, awalnya bilang gak bisa eh pas gitarnya dipegang satu album Avenged lancar dimainin, haha, tapi untuk bagian mainin lagu avenged tadi gue bercanda, gue sampe sekarang cuma hapal kunci dasar jadi cuma bisa main lagu ala kadarnya aja, jangan serius-serius amat nanggepin gue, ntar lu udah serius minta jadian lagi, kan bahaya.
    Gue rasa mungkin produsen pick harus membuat sebuah inovasi baru buat menghadapi fenomena "raibnya pick dari tangan gitaris' dengan membuat pick yang ada GPSnya dan terhubung dengan hape, jadi kalau tanda-tanda pick itu hilang mulai muncul kita tinggal
cek di gps yang ada di hape kita, jadi kemungkinan si "kecil" ini raib jadi semakin kecil.

2. Capo

    Tau capo? itu benda yang dipake buat naikin nada di gitar. Biasanya bentuknya itu kaya penjepit, terbuat dari besi yang di salah satu ujungnya ada gagangnya. cara pakainya sama kaya jepitan rambut yang biasa dipake cewe buat ngiket rambutnya, cuma bedanya ini dijepit di neck gitar, bukan di rambut.
    Nah capo ini seperti yang gue bilang berfungsi untuk menaikan nada dasar, jadi sistemnya itu ketika kita jepit dia di tempat tertentu di neck gitar maka nada akan naik sesuai dengan berapa fret yang di dilewati terhitung dari waktu senar belom di kasih capo trus ke fret 1 dan seterusnya.
   Simpelnya lu bisa pake C tapi dengan nada dasar D dengan menggunakan capo yang diletakan di fret 2, inget kan kalau di gitar nada naik itu longkap 1 fret, kira kira begitu CMIIW.
Dulu gue pernah make punya temen gue dan gue coba ternyata asik loh makenya, gue tetep pake kunci C padahal nadanya udah naik ke D bahkan ke E, waktu itu gue seneng sampe-sampe pengen punya capo sendiri, tapi pas nanya berapa harganya niat gue langsung turun, dia beli Rp 50.000,00,- waktu itu, sedangkan gue buat ongkos aja udah pas-pasan,
kalau gak salah itu waktu SMA kelas 1,akhirnya gak jadi beli sampe sekarang.

3. Strap Gitar

    Strap gitar atau yang biasa dibilang tali gitar adalah benda berupa lembaran kain dengan ketebalan, lbar dan panjang tertentu yang digunakan untuk menggantung gitar pada badan pemain. Penjelasan gue ribet kayaknya, pokok strap gitar itu dipake biar lu bisa main gitar sambil berdiri bahkan loncat-loncat kaya pemain gitar yang di konser sono.
    Gue pertama kali nyobain strap gitar itu waktu SD, dengan mantap gue sandang strap gitar itu di bahu gue, gue pikir gue bakal keren waktu make itu strap ternyata waktu gue pake gue tenggelam di balik gitar, nggak proporsional antara ukuran gitarnya sama ukuran badan gue, haha. Tapi semakin kesini badan guu makin gede, gedenya normal maksud gue, bukan gede yang berlebihan, dan gue udah bisa pake strap gitar tanpa takut kelihatan gak proporsional lagi.

4. Tuner

    Ini aksesoris paling ajib yang gue pernah pake. Tuner itu berguna buat nyetem gitar dengan cara ngecek nada yang dikeluarin senar gitar waktu lu petik, trus nanti dia ngasih tau lewat layarnya kalau nada yang dikeluarin senar itu udah sesuai apa belom dengan seteman yang seharusnya.
   Cara pakenya gampang, tinggal letakin tuner di deket senar, biasanya di ujung sih atau dikepala gitarnya,nah trus lu cek satu-satu nada yang dikeluarin senarnya udah bener apa belom.
    Tuner itu ada yang terpisah sama gitar ada juga yang nyatu, buat gitar yang harganya diatas satu juta biasanya udah ada tuner di badan gitarnya, nah kalau yang gak ada bisa beli dulu tunernya ke toko.
   Harga Tuner itu bermacam-macam jadi gue juga gak bisa pastiin harganya berapa, soalnya tiap toko, daerah dan merek itu mempengaruhi harga tunernya.
Tau kenapa ini aksesoris paling ajib yang pernah gue coba? Soalnya dulu gue gak bisa nyetem gitar, dan kebetulan temen gue ada yang bawa tuner trus gue pinjem deh sama dia (minjem mulu) dan gue coba, beh rasanya itu gue udah kaya pemain gitar profesional yang bisa merubah suara gitar yang tadinya gak karuan jadi merdu
dengan waktu yang gak lama, dan tunernya juga gak lama sama gue karena dia harus balik lagi sama pemiliknya T_T.
Kira-kira aksesoris gitar yang pernah gue pake baru segitu, mungkin nanti kalau gue udah nyoba aksesoris yang lain bakal gue share lagi. Intinya gak usah takut buat nyobain hal baru, soalnya bakal nambah pengalaman juga nantinya.
sekian dari gue, Terima kasih.

(Sumber Gambar : Google, 9GAG)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;