Minggu, 14 Juni 2015

Transpose Nada Pada Gitar

    Oi...apa kabar nih semuanya? Hari ini gue mau bagi-bagi sedikit ilmu yang gue punya tentang musik. Udah bisa main alat musik? Seneng nyanyi tapi pas liat chord nada lagu favoritnya ketinggian atau kerendahan akhirnya bikin kesel sendiri karena gak bisa puas nyanyinya? Tenang itu bisa diatasi kok, jadi caranya itu dengan menaikan atau menurunkan nada dasarnya sesuai keinginan kita.
Emang bisa? ya bisa lah, tenang gue ajarin pelan-pelan. Dasar yang perlu diketahui kalau mau menaikan atau menurunkan nada dasar itu adalah pengetahuan tentang tangga nada.
Tau nada do-re-mi kan? nah kalau di chord itu do-re-mi'nya diubah pake huruf, jadi C-D-E-F-G-A-B.
Tiap tangga nada tadi itu ada ukurannya, ukuran? maksud gue ada aturan untuk naiknya, jadi ada yang naiknya satu tangga nada ada juga yang setengah, biar lebih jelasnya liat ini :





    Ngerti kan? jadi kita bisa simpulkan kalau dari C ke D itu naiknya satu tangga nada, sedangakn dari E ke F itu setengah tangga nada. Setiap kita mau naikin atau nurunin tangga nada kita mesti nentuin dulu mau naik atau turun berapa tangga nada, misalnya gue mau nurunin nada C sebanyak tiga tangga nada berarti gue bakal dapet di F, sebaliknya kalau gue mau naikin 3 tangga nada berarti gue bakal dapet di F#.
    Nah gitu kira kira, udah ngerti belom? belom? yaudah kita langsung praktek aja deh, nih gue punya penggalan lagu yang kira-kira chordnya gampang :



#Intro : G D Em C

     G
Well you dawned on me and you bet I felt it,
   D
I tried to be chill but you're so hot that I melted,
  Em
I fell right through the cracks,
C
And now I'm tryin to get back....

            G
Before the cool dun run out, Ill be givin it my bestest
   D
Nothin's gonna stop me but divine intervention
    Em
I reckon its again my turn,
    C           D
To Win some or learn some....


#chorus :
G              D
But I wont hesitate
            Em
No more, No more
            C               G   D   Em   C   D
It can not wait; I'm Yours


G
Well up your mind and see like me
D
Open up your plans and damn you're free
Em                                               C
Look into your heart and you'll find love love love love

G
Listen to the music of the moment people, dance and sing
D
We're just one big family
Em                                                   C                     D
And it's our God-forsaken right to be loved loved loved loved

#chorus :
         G               D                      Em
So I won't hesitate no more,no more
                C             D
It cannot wait,I'm sure
                     G                   D                      Em
There's no need to complicate,our time is short
                 D
This is our fate I'm yours


(penggalan chord ini gue ambil dari Sumber)


    Ah, suara gue kurang pol keluarnya kalau dari G, gue mau naikin ke A aja biar nyanyinya lebih pol dan suara gue lebih keluar.

Kalau di Chord nadanya dari G terus ke gue mau bikin ke A berarti naik atau turun? Ya, betul, nadanya naik, naik berapa? satu lah kan dari G ke A.
Kalau udah tau nada naik satu berarti sekarang tinggal naikin semua chord satu tangga nada, kalau gue bikin listnya jadi kaya gini :

G  =  A
D  =  E
Em =  F#m
C  =  D

Kalau masih belom tau itu dapet dari mana, liat di gambar yang ada diatas soal tangga nada, nah sekarang tinggal masukin kelagunya, gue ambil awalnya jadi kaya gini :

#Intro : A E F#m D

     A
Well you dawned on me and you bet I felt it,
   E
I tried to be chill but you're so hot that I melted,
  F#m
I fell right through the cracks,
D
And now I'm tryin to get back....

            A
Before the cool dun run out, Ill be givin it my bestest
   E
Nothin's gonna stop me but divine intervention
    F#m
I reckon its again my turn,
    D           E
To Win some or learn some....

Gampang kan? sisanya tinggal lanjutin aja sendiri, intinya latih "feeling" buat nyari nada yang tepat, semakin sering latihan kita bakal semakin peka sama nada.Oke, sekian dari gue, terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;