Senin, 15 Juni 2015

Majalah Sejarah Jasmerah

    Suka sejarah? kalau suka gue mau kasih sedikit rekomendasi buat nambah wawasan lo soal sejarah. Ini dia majalah yang gue rekomendasiin, namanya JASMERAH. 


Majalah ini berbentuk PDF dan lahir dari salah satu forum di KASKUS, yaitu forum sejarah dan xenology. Sampai saat ini udah 5 edisi majalah yang keluar dan gue baru download 3, maklum kuota tipis. Setiap baca majalah ini gue selalu dapet informasi baru yang belom pernah gue tau sebelumnya, misalnya tentang tragedi Heysel, ini adalah tragedi yang menyangkut dunia persepakbolaan, soalnya tragedi ini terjadi karena dua suporter klub sepak bola saat itu saling baku hantam di Stadion Heysel, Brussels, Belgia. Tragedi ini terjadi pada 29 Mei 1985, tepatnya waktu digelarnya pertandingan final Liga Champions antara Juventus VS Liverpool. Waktu itu yang nonton mencapai angka 60.000 penonton, bisa dibayangin sebanyak apa? pokoknya banyak, awalnya memang suportert dari masing-masing tim udah dipisah tempat duduknya, tapi singkat cerita kesalahan terjadi dan terjadilah keributan yang memakan korban sebanyak 600 orang mengalami luka-luka dan 39 orang meninggal dunia. Gue seumur hidup yang udah 20 tahunan ini baru tau kalau misalnya ada tragedi yang terjadi gara-gara sepak bola bahkan sampai ada korban meninggal dunianya.
    Don't judge book by it's cover, nah kalau ngomongin sampul gue rasa ini majalah udah punya cover yang oke buat menarik minat untuk baca. Isi? jangan tanya,
udah oke kok, bahkan kalau menurut gue udah layak kalau misalnya mau dicetak untuk dijual secara luas, tapi untungnya ini dengan isi sebagus itu majalah jas merah ini masih gratis, hehe.
dalam majalah ini udah ada berbagai macam topik yang menarik untuk dibaca, nah isinya dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu topik utama, berita, kisah, dwibulan, biografi, resensi, lain-lain, lain-lain disini bukan maksudnya dll yang artinya sama kaya dan semacamnya atau dan sebagainya, tapi maksudnya ini rubrik yang gak masuk dalam kategori rubrik sebelumnya.
Selain topik utama dan rubrik lainnya, gue paling suka sama bagian Veni, Vidi... itu bagian yang isinya trivia, tau trivia kan? itu loh informasi kecil-kecil, biasanya awalnya itu "tahukah kamu?", pokoknya kaya gitu dah, nah si "Veni, Vidi..." ini adanya dibagian akhir majalah.
    Pertama kali gue baca mungkin gue agak ragu sama kebenaran isi dari majalah ini, secara kan ini majalah sifatnya free dan cuma untuk menambah pengetahuan, bahkan
di halaman 3 pada setiap edisi ada tulisan yang menegaskan kalau majalah ini murni untuk menambah wawasan dan informasi para pembacanya tanpa ada afiliasi dari pihak manapun.
Bisa dibilang kalau majalah ini isinya bisa dipertanggung jawabkan, karena toh majalah ini lahir dari forum, dan kalau misalnya ada kesalahan pada isi majalah
tersebut ya sudah pasti para anggota forum lainnya akan bersuara, tapi sampai saat ini sih belom ada kedengaran adanya permasalahan yang menyangkut isi dari majalah ini.
    Gimana setelah gue kasih rekomendasi? seneng kan? tapi mungkin senengnya sampe disini aja, kenapa? soalnya udah setahun lebih majalah ini gak terbit lagi, terakhir itu
keluar edisi Februari-Maret 2014 dengan judul "Dinasti Ming" sedangkan sampai sekarang udah Juni tahun 2015 belom ada majalah baru yang terbit padahal seharusnya majalah ini terbit dwibulanan setiap tanggal 22. Gue juga gak tau kenapa majalah ini berhenti terbit, tapi sangat disayangkan majalah ini sampai berhenti terbit, sebagai seorang pembaca gue cuma bisa berharap kalau nanti majalah ini bakal diterbitin lagi atau majalah yang menambah wawasan seperti ini makin banyak nantinya, amin.
    Akhir kata, kalau mau tau dan download 5 majalah yang udah terbit bisa langsung ke KASKUS, nanti tulis aja di kotak pencariannya itu majalah jasmerah, atau jasmerah aja juga bisa, terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;