Minggu, 04 Januari 2015

Tugas IBD



LIFE NOTE


OF
     L
 Lungun Ali Rusky Simbolon
               
    1 ID 06
    (36414168)

            Pagi kembali datang, mentari bersinar cerah, mata gue remang-remang, ternyata udah jam 7 pagi. Gue cek hape, seinget gue semalem gue udah pasang alarm jam 6 pagi, ternyata alarm yang semalem gue pasang itu bener buat jam 6 pagi, tapi seminggu dari hari ini. Nasib kalau udah gak mendukung buat bangun pagi ya begini, sampai masang alarm aja salah. Gue cuma bisa nepok jidat pas tau gue salah set alarm.
            Jam memang masih di pukul 7 tapi kegiatan dirumah gue udah dimulai lebih pagi dari itu. Bapak dan ibu gue biasa bangun jam 6 bahkan jam 5 kurang dan langsung sibuk dengan tugas masing-masing, yang satu di dapur terus yang satu lagi di bengkel, oh iya sekedar informasi bapak gue buka usaha tambal ban, that’s right, gue anak tukang tambal ban.
            Oh iya gue lupa ngenalin diri, kaya pepatah yang udah mainstream bilang, tak kenal maka tak sayang maka gue mau memperkenalkan diri dulu, siapa tau lu ntar sayang sama gue, hahaha. Nama gue Lungun Ali Rusky Simbolon, gue cowo biasa yang hidup dengan tenang bareng kedua orang tuanya. Gue orang batak asli, keliatan kok dari nama sama muka gue, padahal kalo gue liat-liat muka gue gak batak-batak amat.
Oke cukup perkenalannya, beresin tempat tidur adalah kegiatan gue selanjutnya, cuci muka dan nongkrong di depan rumah sambil mandangin jalan raya. Satu dua orang pelanggan berdatangan, bawa keluhan masing-masing soal kendaraannya, ada yang bocor, ada yang mau ganti oli, atau cuma mau sekedar isi angin aja. Hari libur berarti waktunya kerja, waktunya buat fokus bantuin kerjaan bapak gue, sebenarnya sih gue belom bisa bantuin banyak, sampai sekarang gue udah kuliah aja yang bisa gue kerjain sendiri secara baik dan benar itu baru ganti oli sama isi angin, hehe.
Sebenernya malu juga sih, umur udah dibilang dewasa tapi tenaga gak ada, apa lagi didepan rumah gue juga ada bengkel, nah bengkel yang di depan itu bengkel buat servis motor, kalau bengkel bapak gue buat nambal ban sama ganti spare part, karena bapak gue gak bisa servis motor . Yang punya bengkel itu punya anak laki-laki yang umurnya dibawah gue terus rajin lagi bantuin bapaknya di bengkel, dia keliatannya ngerti soal mesin dan tiap kali gue liat dia kerja sama bapaknya gue ngerasa malu sendiri.
Ah sudah lah, kenapa jadi ngomongin orang lain, yang mau dibahas kan gue. Oke balik lagi, kadang kalau bengkel lagi rame bisa sampai 5 motor sekaligus dateng, udah kaya mau ngantri BLT itu motor pada parkir di depan rumah gue. Biasanya yang satu belom selesai dipegang eh yang satu lagi udah dateng, tapi kadang kalau sepi bisa sampai setengah hari gak ada yang dateng, paling cuma satu dua motor isi angin.
Kalau udah sepi begitu biasanya kerjaan bapak gue tidur di kursi kerajaan. Kursinya udah hampir seumuran gue, warnanya merah kehitam-hitaman, maklum udah tua didukin terus lagi. Satu yang paling khas dari kursi kerajaan itu adalah dudukannya yang patah dan ditutupin pake kardus. Dulu sebelum ditutupin pake kardus itu bangku pasti makan korban, korbannya ya celana orang yang duduk diatasnya, pasti bakalan nyangkut, kalau udah begitu itu bangku macam rottweiler yang ngerasain adanya bahaya, tau rotweiler kan? Itu anjing garang bertubuh gempal yang suka dipake polisi hewan.
Gue juga kalau udah sepi begitu biasaya nyari kegiatan sendiri. Kalau lagi rajin mah sok ngambil buku pelajaran terus duduk didepan rumah sambil nungguin pembeli. Kalau lagi gak rajin paling ngambil hape kalo gak gitar, cuma paling sering ngambil gitar sih dari pada buku pelajaran, haha. Sekarang kegiatan gue lagi sibuk cerita, cerita apaan? ya cerita yang gue ceritain ini lah. Bicara soal gitar gue memang bisa main gitar, tapi gak mahir. Gue udah cukup lama belajar main gitar, kalo gak salah dari SD, entah kelas berapa gue lupa. Gue baru mulai belajar ke hal-hal yang berbau teori musik itu pas SMA, tapi itupun gak maksimal, maklum gue belajar sendiri dari internet sama nanya orang, alias otomotif, eh otodidak maksud gue.
            Sehari – hari kehidupan gue ya begitu, bantuin bapak di bengkel, main gitar, kuliah kalau ada jadwal, dan belajar (kalau lagi rajin). Gue jarang main keluar rumah, selain karena emang gue orangnya males ditambah lagi gak ada yang ngajak, haha… sedih ya. Kadang udah ada yang ngajak jalan, eh kantong gak bersahabat, sekalinya kantong bersahabat malah gak ada yang ngajak jalan. Sekarang ini gue udah makin jarang keluar rumah, temen-temen SMA yang biasanya gue ajak main udah pada mencar sesuai tempat kuliahnya masing-masing, otomatis gak bisa ngajak mereka main seenaknya lagi kaya dulu waktu masih satu sekolah. Sekarang gue kuliah, kuliah = lingkungan baru, dan yang pasti jadi permasalahan tiap masuk tempat baru adalah harus beradaptasi dengan orang-orang baru, ini yang gue alamin pas masuk kuliah.
            Kuliah udah beberapa bulan berjalan, dan sepertinya adaptasi gue berhasil. Nah, menurut gue definisi dari adaptasi yang berhasil itu adalah ketika temen lu itu udah nggak jaim lagi, alias keliatan tuh dalemannya, hus dalemannya disini itu kepribadiannya, bukan dalemannya onde-onde. Menurut gue yang paling penting dalam beradaptasi dengan orang baru itu adalah gimana kita bisa ngertiin orang lain duluan, tanpa harus mengorbankan diri sendiri. Kalau kita udah bisa ngertiin mereka dan terima apa adanya mereka, gue yakin mereka pun bakal ngertiin gue, ya meskipun cuma sedikit. Keren ye bahasa gue.
            Adaptasi boleh berhasil, tapi gimana soal jalannya? Ah sudahlah, terakhir kali ada yang ngajakin gue jalan-jalan ke tempat yang belom pernah gue datangi, eh pas banget waktu itu dompet lagi musuhan sama gue. Dompet gue waktu itu udah kaya bawang, tiap gue buka bikin nangis, akhirnya gak jadi jalan-jalan dah gara-gara itu bawang. Uang itu sebuah hal yang sensitif dan untuk urusan uang gue gak bisa sembarangan, gue selalu berusaha memanfaatkan uang yang gue punya sebaik mungkin biar gak usah minta tambahan dari orang tua.
            Dalam permasalahan keuangan gue, orang tua gue sangat perhatian. Mereka gak pernah ngebiarin gue sampai kekurangan uang, meskipun mereka sendiri gak bisa ngasih banyak karena memang yang bisa mereka kasih juga gak banyak, tapi itu selalu cukup buat gue. Menurut gue orang tua yang perhatian itu keberuntungan yang gue miliki aja, yang paling penting buat gue dalam hal keuangan adalah kemampuan buat mengatur uang itu sendiri, sebuah kemampuan untuk memprioritaskan mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak terlalu dibutuhkan. Kalau memang sesuatu itu dibutuhkan maka perlu diprioritaskan di urutan pertama, terus apa yang nggak terlalu dibutuhkan mengikuti sesuai dengan  tingkat kepentingannya.
Kalau soal uang mungkin gue masih bisa sedikit diandalkan, tapi kalau untuk waktu, entah lah. Bicara soal waktu gue selalu membagi waktu menjadi dua, waktu umum dan waktu pribadi. Waktu umum itu waktu yang bersangkutan dengan orang lain atau sebuah instansi.  Gue gak suka terlambat, alasannya? gue gak mau bikin orang lain nunggu. Lebih baik gue dateng duluan terus nungguin, karena kalau kita dateng duluan dan orang yang janjian sama kita itu telat, kita jadi bisa marah-marahin itu orang dengan alasan keterlambatannya dia, enak kan? makanya gue gak mau terlambat, tapi hati-hati kalau kita udah janjian sama orang dan terlambat, malah  nanti kita yang dimarahin, haha kalau yang ini jangan ditiru lah ya.
Kalau waktu yang bersangkutan dengan orang lain atau sebuah instansi bisa dibilang I’m still reliable, tapi waktu buat pribadi gue sendiri? Nope. Tiap kali gue bikin jadwal buat diri gue sendiri pasti ada aja molornya. Misalnya gini, gue udah rencanain hari ini mau belajar jam 5 sore selesai jam 7 malam, terus ngerjain tugas sampai jam 9, biasanya yang ada gue malah bablas aja nyantai, padahal gue inget kalau gue mau belajar, dalam hati gue “ah bentar lagi aja, masih enak nyantai”, gak sadar udah kemaleman, yauwes, gagal itu rencana.
             Bicara soal waktu berarti bisa juga bicara soal usia. Banyak yang bilang gue ini tua sebelum waktunya, ada yang bilang muka gue lebih tua dari umurnya, tapi ada juga yang bilang karena cara ngomong gue yang kadang kaya orang tua. Kalau diliat dari muka gue gak bisa banyak komentar, pernah sekali gue kenalan sama kenalan bapak gue yang kira-kira 4-5 tahun lebih tua dari gue dan udah kerja waktu itu, dia malah memperlakukan gue kaya orang yang lebih tua dari dia dan itu terus berlanjut sebelum bapak gue bilang kalau gue itu lebih muda dari dia dan gue baru aja masuk kuliah, baru dia mulai memperlakukan gue lebih “anak muda”, kalau udah begitu kejadiannya silakan bayangkan sendiri gimana muka gue.
            Gue itu termasuk ke dalam golongan orang yang menganggap tertawa adalah sebuah kebutuhan primer, layaknya nasi, baju dan rumah. Gue orang yang berkepribadian ganda, et salah, maksud gue berkepribadian sanguine. Tau saungine kan? Itu loh salah satu jenis kepribadian dari empat jenis yang ada, gue jelasin singkatnya, jadi ada empat tipe kepribadian, yaitu sanguine, choleric, melancholy, dan phlegmatic, kalau dibahasa Indonesia itu disebutnya sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Setiap manusia punya empat jenis kepribadian itu tapi nggak semuanya kelihatan, ada kepribadian yang dominan dan ada juga yang nggak. Seseorang biasanya punya lebih dari satu keprbadian yang dominan, misalnya koleris-melankolis, artinya kepribadian yang paling menonjol itu koleris dan melankolis. Dibawah ini udah gue tulis pengertian singkat dari keempat jenis kepribadian tadi, kaya gini nih :
Sanguinis        : Ceria, spontan, kreatif, mudah bergaul, terlalu didominasi perasaan.
Koleris                        : Ambisius, keras, disiplin, kurang empati.
Plegmatis        : Tenang, tertutup, stabil dalam perasaan.
Melankolis      : Emosional, perfeksionis, serius, mudah putus asa.

            Nah uda tau kan? Gue tau hal beginian juga gara-gara waktu SMP pernah di tes IQ, pas hasilnya keluar ternyata ada tipe kepribadiannya, dari situ gue penasaran soal kepribadain ini, gue cari di internet dan ternyata hasilnya banyak banget. Secara garis besar sih kaya apa yang udah gue tulis diatas, tapi kalau buat sejarahnya mah panjang lagi, hape lu udah pada canggih kan? cari aja diinternet, kalau mau tau sejarahnya gue saranin mulai dari Claudius Galenus, dia itu asal dari ini semua.
            Karena tertawa merupakan sebuah kebutuhan dasar buat gue maka tiada hari tapa tertawa. Kadang gue lagi kesel aja masih sempet-sempetnya ketawa. Buat gue ketawa itu macam obat penenang, kalau lagi kesel terus ketawa perasaan keselnya gue ibaratin kaya anak yang pergi main tapi gak bilang -bilang, tau-tau ilang aja, ya meskipun mungkin ntar dia balik lagi kalau udah laper, tapi paling enggak bisa lupa sebentar lah sama keselnya. Karena hal itu juga gue jadi gak bisa marah lama-lama, entah kenapa tapi tiap kali gue marah pasti gak lama.
            Mungkin gue gak bisa marah lama-lama, tapi setelah gue melakukan riset atas diri gue sendiri ketika gue marah sama orang lain menghasilkan sebuah kesimpulan, yaitu gue gak bisa jadi sebaik yang dulu pernah dikenal sama orang yang bikin gue marah itu. Kalau emosi atau perasaan gue udah digeser-geser, pasti hubungan relasi gue dengan orang yang geser-geser emosi gue bakal jadi dingin, gak sehangat dulu sebelum emosi gue digeser-geser, atau sehangat teh manis dikala hujan.
            Kalau udah pernah ada masalah sama seseorang biasanya gue bakalan ngejauh, nggak secara langsung sih, tapi pelan-pelan. Ini salah satu kekurangan gue, ini sama aja kaya gue ngurangin koneksi dengan orang lain, padahal yang namanya koneksi atau relasi sama orang lain itu penting, karena koneksi itu bisa sangat berguna dalam berbagai hal, tapi waktunya aja yang kita nggak tau kapan.
            Udah dulu ah nulis ceritanya, udah ada pelanggan tuh yang dateng. Nanti kita lanjut lagi abis makan siang, sekarang gue mau ngeladenin pelanggan dulu, barangkali ntar gue dapet pencerahan dari itu pelanggan buat nulis cerita lagi.
Pelanggan udah pergi dengan senang, perut juga udah kenyang, saatnya balik cerita lagi. Masih mau denger cerita gue? enggak? Oh gitu, parang mana parang?!. Cukup dengan adegan pencarian parangnya, sekarang gue mau cerita tentang sesuatu yang lebih penting dari parang, yaitu masa kecil gue... mana tepuk tangannya? oke, cukup, gak usah banyak-banyak tepuk tangannya. Untung siang ini bengkel kayaknya gak terlalu rame, jadi bisa sekalian ngetik-ngetik, tapi tenang aja cerita gue gak bakal terbengkalai, kan masih bisa manfaatin interval antara waktu pelanggan yang satu sama pelanggan yang lain waktu dateng ke bengkel. Oke kita mulai, masa kecil itu paling menyenangkan kalau gue liat sekalis terus bandingin sama masa-masa lain dalam siklus hidup manusia. Rasanya gak ada beban, cuma ada main, makan, main, makan, tidur kalau capek, bangun, terus main lagi sambil makan, hsbid itu diomelin dah gara-gara main sambil makan.
            Hidup gue dimulai dari sebuah kampung di daerah Sibolga, terdengar asing? pasti, karena kampung gue itu memang jarang didengar orang. Gue lahir tahun 1996, berarti 18 tahun yang lalu. Gue lahir memang di kota Sibolga tapi kampung gue sebenernya di desa Sukamaju, kecamatan Sorkam, kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, kampung gue sama kota Sibolga gak jauh-jauh banget sih, kalau naik mobil mungkin kurang lebih satu jam perjalanan lah.
Gue gak lahir dikampung bukan karena apa-apa, bukan juga karena gue lagi iseng gak pengen lahir disana, tapi memang keadaan gue waktu dikandungan itu sungsang jadi harus dibawa ke rumah sakit. Lu gak tau apa itu sungsang? Et dah, cari di internet, gitu aja gak tau. Waktu itu gue mesti lahir dirumah sakit karena harus dioperasi sesar, dan rumah sakit itu cuma ada di kota Sibolga tadi. Kalau denger cerita bapak ibu gue tentang perjuangan mereka waktu gue dilahirkan, rasanya gue susah buat percaya. Apa yang mereka ceritain itu diluar dari bayangan gue, yang gue tau kalau sekarang ini misal ada ibu-ibu hamil yang mau melahirkan paling tinggal telepon ambulan ngejemput kerumah, atau cari kendaraan umum, atau kalau buat yang punya duit bisa pake kendaraan pribadi, waktu gue lahir zaman belom secanggih sekarang ini, listrik aja masih susah, pokoknya serba susah lah waktu itu kalau gue denger ceritanya.
            Keadaan ekonomi keluarga gue juga waktu itu pas lagi susah-susahnya. Gue lahir dirumah sakit dan harus lewat operasi sesar yang otomatis butuh biaya gede, waktu itu bapak gue juga lagi sakit maag parah sampe harus berobat ke Jakarta karena kondisi pengobatan dikampung gue itu masih sangat minim. Untuk memenuhi semua kebutuhan yang mendesak tadi akhirnya orang tua gue harus minjem uang sana-sini. Kalau gak salah untuk biaya dirumah sakit selama ibu gue melahirkan itu kira-kira dua juta, itu tahun 1996, coba di 2014 ini? Entah lah, mungkin bisa dua puluh jutaan. Pekerjaan orang-orang di kampung gue itu rata-rata petani, begitu juga orang tua gue, bisa dibayangkan sendiri seberapa pendapatan seorang petani (di tahun 1996 ya, bukan sekarang) terus bandingkan dengan biaya rumah sakit tadi. Yang sangat gue syukuri sampai saat ini adalah semua pinjaman tadi bisa dilunasi oleh kedua orang tua gue, meskipun waktu itu kalau gak salah butuh kerja keras selama dua tahun buat ngelunasin semua pinjaman tadi.
            Gue kadang suka ngebayangin betapa nyusahinnya gue waktu lahir, gue lahir harus sesar dirumah sakit, gue lahir pas keadaan bapak gue lagi sakit, gara-gara gue orang tua gue harus ngutang keman-mana, dan mereka harus kerja keras buat ngelunasin itu semua. Sering gue nanya ke diri gue sendiri gimana kalau seandainya waktu itu gue gak lahir, mungkin mereka gak harus ngutang dan kerja keras, atau kenapa waktu itu mereka memperjuangkan gue mati-matian sampe rela ngutang kemana-mana demi gue lahir dengan selamat dirumah sakit? kalau boleh bicara kasarnya, kenapa gue masih dibiarin lahir atau masih dirawat sampai sembilan bulan lamanya didalam kandungan ibu gue kalau mereka tau posisi gue di perut ibu gue itu sungsang yang berarti itu kondisi yang sangat berbahaya buat anak ataupun ibunya?. Sampai sekarang mereka ngebiayain gue, gue di sekolahin, di beliin baju, di kasih makan, di ajarin banyak hal, apa itu semua bukannya ngerepotin mereka? Gue gak ngerti kenapa mereka mau repot-repot bertaruh nyawa, kerja siang-malam, buat ngerawat gue sampe sekarang ini.
            Gue gak pinter, ganteng, ataupun memiliki hal istimewa yang bisa dibanggakan sama orang tua gue, tapi sampe sekarang mereka selalu tersenyum tiap kali ngeliat gue. Apa sih istimewanya gue buat mereka? Gue gak punya alasan apapun yang bisa bikin gue bertahan ditengah-tangah kehidupan mereka, mungkin kalau orang tua gue raja dan ratu, gue bisa jadi harapan untuk memerintah kerajaannya nanti dan mereka bisa dengan bangga memperkenalkan gue sama orang lain, tapi orang tua gue bukan siapa-siapa, mereka orang biasa, petani yang sekarang banting setir jadi tukang tambal ban, dan meski begitu tiap kali orang nanya mereka selalu bilang kalau gue itu anak mereka.
            Semakin gue pikirin pertanyaan itu malah gue semakin bingung, gue gak nemu jawaban apa yang harus gue kasih seandainya kedua orang tua gue nanya sama gue “kenapa kami harus menganggap kamu sebagai anak kami?”, apa yang harus gue jawab?. Ternyata dari semua pemikiran logis dan rasional yang udah gue kumpulin, ada jawaban yang sangat gak masuk akal, logika, maupun pikiran gue yanbg rasional. Jawabannya itu cinta. Mereka mencintai gue apa adanya, mereka merawat gue bukan berdasarkan apa yang gue punya tapi tulus dari cinta yang mereka miliki. Semua yang mereka miliki pasti bakal dikasih buat gue, bahkan nyawa, terbukti saat gue dilahirkan ibu gue berjuang antara hidup dan mati demi melahirkan gue. Jawaban ini gue dapat ketika semua jawaban yang logis dan rasional gak bisa menjawab pertanyaan gue, disaat otak gue buntu, disaat gak ada lagi sumber referensi yang bisa ngasih pencerahan, semua ini muncul begitu aja. Gue hampir nangis saat sadar jawaban ini begitu dekat tapi juga begitu jauh, bahkan waktu gue ngetik cerita ini rasanya mata gue udah berair kalau ingat betapa bodohnya semua pertanyaan gue tadi.
            Orang tua adalah hal terhebat yang pernah gue miliki, buat gue mereka role model dari kesetiaan, tanggung jawab, pengorbanan, keberanian, kerja sama, dan kesabaran. Gue gak pernah nyadar itu semua sebelum gue mulai mempertanyakan hal-hal tadi. Gue sangat bersyukur Tuhan menganugerahkan cinta yang besar kepada orang tua, cinta yang mampu menghapus semua keraguan seorang anak. Meskipun gue udah sadar tentang hal ini entah kenapa rasanya gue masih sering bikin mereka kecewa.
            Emang udah hukumnya kalau manusia itu ada salahnya, tapi yang membuat kita jadi manusia sebenarnya adalah kalau kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan berusaha jadi lebih baik lagi. Itu yang sampe sekarang ini terus gue coba, berkembang dalam pikiran dan perasaan untuk jadi manusia yang lebih baik kaya yang diajarin orang tua gue. kalau gue pikir-pikir banyak kejadian bodoh yang udah gue alamin dari kecil sampe sekarang yang bisa gue pastikan bahwa itu gak bakal buat orang tua gua bangga, haha.
            Meski gue tau itu hal-hal bodoh tapi kadang gue gak nyesel ngelakukannya, karena itu malah jadi bahan ketawaan dirumah. Gue waktu kecil cukup bahagia untuk ukuran anak rumahan. Gue masih sering main keluar rumah, main layangan, main bola, main sepeda, main macem-macem lah pokoknya. Dulu itu mainan gue juga gak kaya mainan sekarang, dulu gue masih main gasing sama yoyo dari kayu, tapi lama-lama mulai kegeser sama mainan dari plastik, eh makin kesini mainan malah banyak di alat elektronik.
            Dulu mainan itu rata-rata cara maininnya harus pake tenaga. Kalau gue liat sekarang mainan itu tinggal duduk tenang terus slide atas, slide bawah, tekan sana tekan sini, bah kalau dulu kami mau main mesti keluar keringat baru terasa serunya. Dulu gue kalau main itu bisa satu RT dijelajahin, dari bukit sampe kali semua dijalanin. Gue punya satu pengalaman yang gak bakal lupa pas lagi bertualang di daerah kali atau sungai deket rumah gue. Waktu itu gue sama temen-temen gue main ke kali mau nyari ikan cere, itu sebutan temen-temen gue buat ikan yang kecil-kecil yang ukurannya sama walaupun jenisnya beda-beda, nah ukurannya itu kira-kira segede ikan teri. Gue berangkat bareng temen-temen gue lengkap dengan perlengkapan berburu, ada saringan kecil sama kantong plastik buat tempat ikan yang udah ditangkep. Sampe di kali gue langsung turun bareng temen-temen gue, gue turun gak pake sandal soalnya kalau pake sandal susah jalan nerobos air, meskipun sebenernya lebih berbahaya karena siapa yang tau apa yang ada didalem lumpur, bisa aja ada benda tajam macam paku atau pecahan kaca yang bisa nembus kaki gue, tapi ya namanya juga masih anak-anak, bodo amat sama masalah keselamatan, yang penting mah main aja dulu.
            Gue mulai menyisiri pinggiran kali sambil bawa saringan kecil tadi. Perburuan pun dimulai, gue mulai milih-milih ikan mana yang mau gue tangkep, paling sering gue cari itu ikan guppy, itu ikan yang warna ekornya bagus, kalau gak tau liat diinternet. Pas lagi asik-asiknya nyari ikan kaki gue gak sengaja nginjek lumpur yang agak dalem, kira-kira semata kaki dalemnya. Waktu gue liat ke kaki gue kok ada yang aneh, ada semacam pasir yang menghambur keluar pas gue angkat kaki gue keluar dari lumpurnya. Gue perhatiin itu kayaknya bukan pasir soalnya warnanya kuning dan teksturnya jauh dari pasir, gue perhatiin lagi tapi gue tetep gak tau itu apaan. Gue waktu itu bodo amat sama kejadian tadi meskipun temen-temen gue udah pada ketawa, gue terusin aja nyari ikannya.
            Besoknya gue pergi main ke kali lagi bareng temen-temen gue. Dari jauh gue liat ada orang atau tepatnya bapak-bapak yang lagi jongkok di  deket tempat kaki gue masuk ke lumpur kemaren, karena ada orang di tempat kemaren gue nyari ikan akhirnya gue sama temen-temen gue nyari ikannya agak jauhan dari situ. Pas gue perhatiin kok itu orang jongkoknya lumayan lama, terus diem aja pas jongkok, kalo jongkok sambil tangannya ngobok-ngobok air gue bisa berasumsi kalau dia lagi nyari sesuatu atau mungkin nyari ikan juga, tapi ini enggak, dia cuma diem aja. Dari jauh sambil nyari ikan gue terus perhatiin itu orang, gak lama dia berdiri terus betulin celananya, pas dia betulin celananya baru lah otak gue kebuka, ternyata dari tadi dia buang air besar disitu. Pikir punya pikir gue baru inget sama kejadian kemaren pas kaki gue masuk lumpur dan gue mulai menghubungkan kejadian-kejadian yang baru aja terjadi. Pertama itu orang ternyata lagi BAB, kedua tempatnya gak jauh dari loakasi kaki gue masuk lumpur, terus ketiga kemaren kaki gue nginjek benda aneh berwarna kuning, dan dari data itu lu tau kan apa yang kemaren gue injek? Dalem hati gue “Buset dah, kemaren yang gue injek itu … “, gue gak berani nerusin pemikiran gue karena udah keburu geli ngebayanginnya. Pantes kemaren temen-temen gue pada ketawa puas banget udah kaya kagak ketawa dari lahir.
            Seinget gue waktu kecil, gue itu gak bandel, tapi tetep aja ada pelanggaran hukum dan agama yang gue lakukan. Gue masih inget satu kenakalan terbesar gue waktu SD. Gue pernah nyolong kelapa bareng temen-temen gue. Kalau sekarang ini gue inget kejadian itu rasanya geli campur ada sedikit rasa bersalah, sedikit? parah emang gue. Waktu itu gue habis nyari ikan bareng temen-temen gue di kali yang sama seperti biasanya, iya, deket dengan TKP penginjakan ranjau yang gue ceritain tadi. Pas mau jalan pulang ada temen gue yang ngeliat buah kelapa yang ngegantung dipohonnya. Gue sama temen-temen gue berunding sebentar buat nyusun strategi, ngatur tugas buat masing-masing orang, ada yang bagian ngawasin keadaan, bagian manjat pohon, sama bagian ngamanin barang, waktu itu gue kebagian tugas jagain kelapa yang udah diambil.
Waktu itu kali yang biasa gue datengin dibatasi sama tembok dan pagar yang posisinya ngikutin lebar sungainya, nah itu pager tingginya gue rasa ada tiga sampai empat meter kalau dihitung dari permukaan sungainya. Pagarnya setinggi itu soalnya daerah sungai itu lebih rendah dari sekitarnya, bentuk daerah itu kaya huruf V dan sungainya itu ada di dasar huruf V tadi, makanya kalau dihitung dari permukaan sungai, itu pagar tinggi banget, tapi kalau diitung dari tempat yang agak tinggian sedikit pagarnya itu gak setinggi kalau diliat dari permukaan sungai, paling dua sampai dua setengah meter lah tingginya. Pagar itu kalau gak salah buat misahin tanah perumahan warga sama tanah punya sebuah instansi, dan kelapa yang diliat temen gue itu ada di balik pagar itu alias ada di tanah punya orang. Kurang lebih kaya gini kondisinya:
peta.png






 Karena tinggi jadi gak mungkin dipanjat tapi di pagarnya itu ada celah yang kira-kira muat buat badan anak-anak, akhirnya yang tugas ngambil kelapa pada masuk lewat celah, gua juga mau ikut masuk tapi gak muat, bukan badannya yang gak muat, badan gue sih udah lolos tapi kepala gue yang gak muat di celah itu, ahirnya gue jadi penadah gara-gara kepala gua yang nyangkut itu, padahal gue pengen terlibat langsung soalnya gue penasaran gimana rasanya jadi maling kelapa. Aksi gue sama temen-temen waktu itu berjalan dengan lancar, gak lama beberapa kelapa udah gue kumpulin di tempat yang agak jauh. Setelah kita rasa kelapanya udah cukup waktu itu temen-temen gue mulai turun dari pohon, tapi temen gue ada yang iseng, pas yang lain lagi pada turun dari pohon temen gue yang satu itu malah teriak “ ADA MALING KELAPA!!!”, dia teriak gitu sambil kabur ninggalin temen-temen gue yang baru aja turun dari pohon. Saking paniknya lari, sendal temen gue ada yang sampe putus, padahal sebenernya di daerah itu gak ada orang sama sekali selain kita, tapi ya namanya juga anak-anak bawaanya panik aja, apaan? lu nanyain gua dimana pas temen gua lari-larian? oh, gua mah sebelum ada yang teriak juga  udah ngumpet duluan bareng kelapa yang udah gua simpen, haha namanya juga penadah. Selesai nyolong saatnya nikmatin hasilnya, kita buka kelapanya pake cara apapun yang bisa dilakukan waktu itu, jangan tanya soal nasib temen gue yang iseng teriak-teriak tadi, dia udah abis dijitakin sama temen-temen gue yang baru turun dari pohon.
Sebenernya tindakan gue ini sangat-sangat salah, gue sadar tapi gue bingung kenapa gue dulu malah ketawa lepas bareng-bareng, serasa kaya itu bukan pelanggaran tapi cuma permainan. Ah sudah lah, biarlah yang lalu itu berlalu. Meski gue pernah nyolong kelapa tapi jangan sangka gue gak berprestasi, biar begini gue ini maling  yang berprestasi. Kayaknya salah tempat gue bangganya ya? haha, yaudah lah tapi untuk prestasi boleh dibilang gue ini termasuk anak yang berprestasi. Sebelum gue masuk TK gue udah bisa baca tulis, meskipun tulisan gue waktu itu gak jauh dari sekedar coretan yang “hampir mirip” sama huruf. Masuk TK gue malah bosen gara-gara apa yang diajarin itu dasar membaca dan menulis, padahal gue udah lancar baca tulisnya. Selesai TK masuk SD, semua pelajaran itu rasanya gampang-gampang aja, nilai delapan, bahkan lebih dari itu rasanya gak susah buat gue dapetin dulu.
Waktu SD gue itu salah satu bintang kelas, salah satu? itu karena masih ada temen-temen gue yang lain yang pinter-pinter juga. Dari kelas satu sampai kelas enam SD, gue itu juara bertahan buat urusan rangking 1. Peringkat satu itu cuma sesuatu yang gue rasa gue cuma beruntung ngedapetinnya karena sebenernya masih ada temen gue yang lebih pinter dari gue, cuma dari kelas satu sampai kelas enam gue gak pernah sekelas sama orang-orang itu, jadi pas mereka dapet rangking dikelas mereka terus gue dapet rangking dikelas gue sendiri, jadi gue gak perlu bersaing sama mereka, haha…what a great luck.
            Ah capek juga ngetik dari tadi, kayaknya perut udah laper lagi nih. Gak terasa dari tadi ngetik udah hampir sore sekarang, abis keasikan nyeritain masa kecil gue sih. Gimana cerita gue? lu sendiri masih inget masa kecil lu gak? gue yakin pasti lu punya cerita unik sendiri waktu kecil. Ini udah chapter dua dari tiga chapter yang gue rencanain, kalau gitu kita sambung lagi nanti malam sekaligus nutup cerita, sekarang gue mau beres-beres sekalian mandi biar ganteng.
Matahari tenggelam hari mulai malam, terdengar burung hantu suaranya merdu. Itu penggalan lagu yang dulu biasa gue nyanyiin pas pulang latihan pramuka, pas banget menggambarkan keadaan sore ini, matahari udah kelelep di ujung bumi, cuma satu yang kurang, burung hantunya aja yang lagi gak bersuara, katanya dia lagi jaga suara buat persiapan ikut IMB, Indonesia Mencari Burung. Oke kita lanjut lagi, tadi udah ngebahas soal masa kecil gue, berarti sekarang saatnya ngebahas masa gede gue. Gue baru aja gede, soalnya gue baru punya KTP dua tahun yang lalu, jadi bisa dibilang ABG lah, ngarep banget gue.
            Lu udah gue ceritain gimana masa kecil gue dulu berlangsung, cukup menyenangkan menurut gue sendiri karena masih ada hal-hal unik yang bisa gue inget dan gue ceritain ke elu sama ke anak cucu gue, nanti. Sekarang gue mau sedikit sedih-sedihan soal betapa hancurnya hati ini ketika impian kita gak tercapai tiga kali berturut-turut, malam ini memang gue rencanain buat bercerita tentang bebrapa kegagalan-kegagalan yang gue alamin. Bermula waktu lulus SD, lu udah gue ceritain soal gimana pinternya gue waktu SD, dan gara-gara kepinteran gue sendiri lah gue jadi sedih. Selesai UN gue dapet NEM, atau Nilai Ebtanas Murni yang cukup memuaskan yaitu 26,30 dari tiga pelajaran dengan jumlah total nilai yang bisa dicapai itu 30,00. Kalau nilai gue dirata-ratain jadi 8,7 , udah lumayan gede kan? tapi ternyata itu gak cukup buat masuk ke SMP yang gue idam-idamkan. Gue gak bisa masuk gara-gara nilai gua kurang, tau kurangnya berapa? 0,2. Iya, 0,2 adalah angka yang menggagalkan cita-cita gue, waktu itu batas NEM terendahnya di SMP itu 26,50 dan seperti yang gue bilang, nilai gue 26,30.
            Gagal masuk SMP favorit gue harus masuk ke SMP lain, gue gak mungkin berenti sekolah cuma gara-gara gak masuk SMP favorit, pendidikan itu penting apa lagi di era sekarang ini, kalau gak punya pendidikan bisa dibilang lu bakal gak punya masa depan, inilah yang diperjuangkan sama kedua orang tua gue, apapun yang terjadi mereka bilang gue harus tetap sekolah. Gua akhirnya masuk ke SMP yang bisa dibilang nomor duanya lah, ini pun gue udah bersyukur. Gue mulai berkenalan dengan pelajaran baru waktu SMP, ada fisika, kimia, ekonomi, dan teman-tamannya. Semester pertama gue masih bisa ngikutin pelajarannya, gue masih dapet rangking satu waktu itu. Masuk ke semester dua, gue mulai kelimpungan, gue turun ke rangking empat, dan yang paling parah itu semester tiga sampe lulus, gue gak pernah dapet rangking sepuluh besar sama sekali, tapi yang gue tau pasti nilai gue termasuk di rangking empat puluh besar, kelas, bukan angkatan, haha.
            Gue mulai keteteran dengan pelajaran hitung-menghitung, gue juga gak ngerti kenapa bisa begitu, padahal dulu waktu SD nilai matematika gue bisa dibilang bagus-bagus.  Gue sempet kecewa, takut, dan putus asa waktu nilai gue jelek-jelek. Dulu gue dibilang anak yang pinter, tapi sekarang? ah sudah lah, dibilang rata-rata aja udah seneng. Meski nilai gue jelek-jelek waktu itu entah kenapa gue lama-lama santai aja, padahal waktu awalnya rangking gue turun rasanya udah kaya runtuh dunia gue. Tiga tahun gak terasa udah lewat di SMP, dengan nilai gue yang rata-rata gue bisa lulus. Meski nilai gue rata-rata tapi paling enggak gue punya satu prestasi yang cukup membuat gue bangga, walaupun belom tentu orang lain yang endengarnya ikutan bangga. Waktu kelas dua SMP gue pernah jadi juara 1 lomba baca sajak sunda tingkat kota Depok atau sebutannya Pasanggiri basa sunda. Bingung kan gimana ceritanya orang batak bisa menang lomba bahasa sunda? gue juga bingung dulu. Untungnya yang gue ikutin itu lomba baca puisi, bukan lomba mengartikan puisi, kalau cuma baca gue juga bisa, mungkin artikuasinya aja yang harus dilatih atau “lentong” kalau dibahasa sundanya, tapi kalau disuruh ngartiin bisa bengong tiga hari gue, kalo soal ngomong sehari-hari atau ngartiin kata-kata dari bahasa sunda gue nyerah dah, asli gua kagak bisa. Waktu gue menang dan bawa pialanya kerumah orang tua gue malah ketawa-tawa antara percaya gak percaya gue bisa menang, haha. Gue ikut lomba hari Sabtu dan hari Seninnya masuk seperti biasa, piala udah gue bawa kesekolah waktu itu. Kaya sekolah lain, setiap Senin pasti ada upacara bendera, dan pas lagi upacara nama gue dan temen-temen gue yang juga menang kategori lain di lomba itu maju dengan bangga.
            Menang di lomba tingkat kota gue jadi perwakilan buat maju di lomba tingkat daerah, gue mesti ngelawan orang-orang sunda asli, man it so complicated, coba lu bayangin gimana rasanya jadi orang batak yang ikut lomba bahasa sunda dengan lawannya sendiri orang sunda asli, itu rasanya kaya menyerahkan nyawa sendiri. Walau gue ciut awalnya tapi akhirnya gue bisa berani lagi karena dipikiran gue waktu itu semuanya bisa berubah waktu perang berlangsung, apapun bisa terjadi, ini yang bikin gue semangat latihan. Selesai latihan beberapa minggu, waktunya pembuktian, gue berangkat ke Cianjur. Lu tau apa? gue kalah waktu di tingkat wilayah, hahaha. Sedih sih sedih, temen-temen gue yang cowo juga pada nangis saking sedihnya gara-gara gak menang, tapi waktu itu nggak ikutan nangis soalnya pas tau kalah gue nelpon bapak gue, gue ceritain kekalahan gue dan entah kenapa gue ketawa-tawa aja pas cerita dan bapak gue juga ketawa-tawa aja pas denger gue kalah.
            Pulang dengan tangan hampa, gue jadi murid biasa lagi. Setelah satu tahun dari lomba itu gue lulus dengan nilai NEM yang bisa dibilang lumayan, 34,90 dari empat mata pelajaran dengan nilai total yang bisa dicapai itu 40,00. Kalau dirata-ratain berkisar 8,72 , kedengerannya gede ya? padahal mah nilai matematika gue parah waktu itu, mau tau berapa? 6,25. Tapi untungnya tiga nilai lain bisa menutupi nilai gue yang jelek itu.
            Terjadi lagi kejadian menyedihkan waktu mau masuk SMP, gue gak masuk sekolah favorit lagi, tau lah masalahnya sama, kurang dinilai. Mau tau kurangnya berapa? Sekarang nilai gue kurangnya agak banyakan, 0,6. Jadi waktu itu batas nilai terendahnya 35,50 buat masuk ke SMA yang gue idamkan. Gak masuk sekolah idaman untuk kedua kalinya, karena udah pernah ngerasaian jadi biasa aja, belajar dari pengalaman sob. Masuk di SMA ini permasalah yang gue hadapin masih sama, hitung-hitungan. Gue tetep rada ribet kalau disuruh belajar yang bersangkutan sama hitung menghitung.
            Gue susah ngitung tapi masuk IPA, iya, et dah gak yakin amat lu sama gue, serius dah itu jurusan gue waktu SMA. Sebenernya gue pengen masuk IPS tapi sempat ada pergolakan batin waktu di penjurusan sampai akhirnya takdir memutuskan gue masuk IPA aja. Sebenernya sempet nyesel selama belajar di IPA karena masalah hitung-hitungannya ini, tapi masalahnya kalaupun gue jadi masuk IPS disana juga ada hitung-hitungan, akhirnya gue pasrah aja mencoba yang terbaik. Gue belajar disana dengan tenang dan damai, sampai akhirnya waktu kelas satu semester berapa gitu gue lupa, gue terpilih lagi jadi peserta lomba bahasa sunda yang pernah gue ikutin waktu SMP mewakili sekolah gue yang sekarang.
            Waktu gue lomba, ditempat lomba ada beberapa ibu-ibu yang gue rasa mereka itu guru yang mendampingi murid-muridnya buat ikut lomba dan mereka inget sama gue, mereka bilang “kamu yang waktu SMP menang juara satu kan ya?”, gue cuma ngangguk aja gak tau mau bilang apa, padahal itu udah dua tahun yang lalu, dan mereka inget gue padahal gue aja gak tau mereka siapa. Nggak disangka-sangka gue menang lagi, juara satu. Singkat cerita gue dikirim ke tingkat Provinsi kalau gak salah lombanya di Ciloto, itu daerah puncak sono lah, dan kalah lagi disana, biasa lah lawannya yang punya kampung, kalau sampai gue yang seorang pendatang menang, apa kata dunia nanti. Gue habis pulang dari Ciloto gue jadi murid biasa lagi, bertarung dengan angka dan rumus. Sampai di kelas du ague kepilih lagi buat ikut lomba yang sama, tapi di kelas dua ini gue minim latihan. Seinget gue, gue itu cuma latihan sebentar di angkot semalam sebelum lomba, terus latihan agak serius sebelum tidur. Ada satu rumus yang gue yakini dalam hidup yaitu usaha berbanding lurus dengan hasil. Latihan sedikit, hasil pun sedikit, akhirnya gue kalah, gue cuma dapet juara tiga. Buat gue kalau gak juara satu berarti gak menang, karena pemenang itu cuma satu. Kali ini gue gak dikirim lagi ke Provinsi, kan gak juara satu, yang berangkat ke tingkat Provinsi itu Cuma yang juara satu dari tiap kategori lomba aja.
            Selesai lomba yang kedua waktu sisa waktu gue di SMA tinggal satu tahun lebih beberapa bulan, waktu yang tersisa itu cepet banget lewatnya, tiba-tiba udah lulus aja. Sebelum lulus gue sempet ngikutin salah satu cara buat masuk perguruan tinggi negeri, yaitu lewat jalur undangan. Jalur ini gak ngijinin masuk ke perguruan tinggi yang gue idamkan, tapi waktu itu gue masih tenang karena masih ada jalur ujian tertulis SBMPTN. Akhirnya gue ikut jalur SBMPTN waktu itu di Jakarta, tepatnya daerah Senen. Jeda waktu antara pengumuman dan ujiannya itu sebulan, dan ditengah-tengah  penantian hasil ujian SBMPTN gue ikut ujian mandiri dari salah satu perguruan tinggi negeri. Sebulan menunggu akhirnya hasilnya keluar, dan gue gak lulus ujian manapun. Gue gagal di dua ujian yang gue ikutin, ini adalah ketiga kalinya gue gagal masuk ke sekolah yang gue inginkan, padahal asal lu tau gue udah belajar di tempat les sampe malem, gue berangkat sekolah jam enam pagi dan pulang ke rumah bisa jam sepuluh malam. Gue pulang sekolah jam setengah empat sore dan masuk les setengah lima, pulang dari tempat les setengah delapan tapi gue lebih milih belajar bareng temen-temen di tempat les sampe jam sembilan kadang jam sepuluh demi menghadapi ujian SBMPTN, tapi ternyata hasilnya nihil.
            Gue kecewa waktu tau gue gak lulus di ujian manapun yang gue ikuti, gue cuma bisa menahan perasaan dan menanggun rasa beban dihati kalau inget kekecewaan yang juga dirasakan orang tua gue. setelah semua terjadi apa lagi yang mau dikata? nggak ada. Seperti biasa, gue sekarang belajar di tempat yang gue nomor duakan, tapi yang gue yakin adalah selama gue belajar disini pasti bakal ada kejadian gak terduga yang bakal terjadi, macam waktu gue ikut lomba pasanggiri basa sunda dan dapet juara satu. Gue yakin selam gue bisa memanfaatkan keadaan dengan baik, pasti keadaan akan berubah jadi menyenangkan.
            Sekarang ini gue baru semester satu, itu berarti masih banyak kejadian yang mungkin terjadi di depan sana. Mungkin rintangan, mungkin tantangan, atau mungkin juga sebuah hadiah yang manis. Semuanya tergantung gimana menghadapinya, mau jadi apa hidup lu tergantung bagaimana cara lu merespon setiap kejadian yang terjadi. Sering gue perhatiin hidup jadi susah itu gara-gara kita sendiri yang bikin susah, harusnya bisa gampang malah dipersulit, harusnya gak usah marah-marah eh malah marah-marah, harusnya gak pake nasi eh malah pake nasi, daging, sayur, kerupuk, tahu, tempe, sambel, ikan asin, walah salah cerita malah jadi laper gue.
            Intinya sih itu aja, kalau kita respon setiap hal dengan positif pasti hasilnya juga baik, tapi kalau sebalikinya, ya lu tau sendiri lah. Tugas gue sekarang masih sama, berkelahi dengan angka dan rumus. Ya meskipun gue harus berkelahi dengan  hal yang gak gue sukai tapi seenggaknya ada orang tua dan teman-teman yang mendukung gue buat ngalahin “mereka” (baca: angka dan rumus). Kalu lu sendiri gimana? punya musuh juga yang harus lu kalahin dalam tugas lu? Kalau iya berarti kita sama-sama berjuang lah ya, macam prajurit perang kita, hahaha.
Wah gak terasa udah makin malam ya, perut gue udah bunyi lagi minta diisi. Mending gue isi dulu deh, sekalian gue tutup cerita ini. Sebenernya banyak yang mau gue ceritain tapi gue yakin lu bakal bosen kalau semuanya gue ceritain sekaligus, mending lu nanti tanya gue lagi aja soal pengalaman gue yang lain. Oke, teman-teman, terima kasih kesediaanya udah mau denger cerita gue dari pagi tadi sampe sekarang, see you in the next story guys!.
                                                                                                           



                                                            Kasih yang besar

Sendiri adalah aku
Gelap lah saudaraku
Sunyi lah sahabatku
Bagiku semua itu kosong
Karena sendiri cukup buat ku
Tak mengenal sedih dan senang
Itu aku

Sekali aku terdiam
Mendengar  yang lain selain sahabatku
Suara yang indah
Berkata semoga aku lahir jadi anak yang sehat

Aku tak kenal siapa dia
Namun semua kata yang bergema adalah doa keselamatan
Aku bertanya pada sahabat dan saudaraku
Siapa pemilik suara itu?
Mereka hanya berkata
Sebentar lagi waktu ku akan tiba

Suatu kali saudaraku berkata inilah waktu ku
Bertemunya aku dengan pemilik suara itu
Juga dengan saudara ku yang lain
Namanya adalah terang
Ia akan menolong ku di dunia yang baru
Membantu mengerti akan indahnya dunia itu

Sekejap mata aku ada di tempat yang asing
Dimana gelap dan sunyi tak ada lagi
Aku takut dan sendirian
Namun terang berkata bahwa aku tak sendirian
Ia berkata pemiliki suara itu ada di dekatku
Aku lihat ia terbaring menangis seraya menyongsongkan tangan menjemput ku
Aku rasa hangat dekapannya dan suaranya ku kenal
Ada seorang lain juga menangis
Ia berwajah keras dan bertubuh tegap
Tapi aku tahu ia punya hati yang baik
Aku tak tau siapa dia dan suaranya tak pernah kudengar
Tapi tangisnya dan dekapnya
Cukup membuktikan kalau ia memiliki kasih yang besar
Terang berkata mereka lah orang tuaku
Orang tua yang akan menjadi teman dan guru dalam dunia ini

Aku terus berjalan melewati waktu
Bertumbuh dalam pemikiran dan kekuatan
Aku tumbuh bersama mereka
Itu arti indah buat ku




Selama berjalan
Aku tertawa
Aku menangis
Aku bangun dan terjatuh
Dalam baik burukku
Mereka ada
Menjaga dengan lembut kasihnya
Tak peduli akan kecewa yang telah ku gores dalam hati mereka

Aku bertanya pada terang
Kenapa mereka begitu baik
Ia terdiam
Aku bertanya lagi kenapa mereka begitu baik
Ia terdiam lalu tersenyum
Lembut terang itu berkata
Mereka tak punya alasan apapun selain dari kasih yang mereka miliki

Aku bertanya lagi pada terang
Apa yang harus aku lakukan untuk membalas kebaikan mereka
Ia berkata
Cinta kasih adalah sesuatu yang tidak dapat digantikan
Membalas semua yang diberikan orang tua mu adalah mustahil

Aku menangis dalam sedih
Terang memegang pundakku
Menatap lalu menghapus air di pipiku
Orang tua mu tak ingin kau menangis
Jadi lah kuat seperti yang mereka inginkan
Jadi lah seperti doa yang mereka panjatkan dimalam kau tertidur
Buat senyum pada wajah mereka
Beri bakti
Waktu
Serta kasih mu pada mereka
Itu lah caramu membalas cinta kasih mereka

Jika memang itu caranya maka akan kulakukan
Aku akan berusaha
Mengembalikan cinta kasih yang kalian berikan meski itu tak mungkin
Sebagai rasa syukurku
Aku akan buat senyum mengembang diwajah kalian berdua
Aku akan ukir kenangan indah yang tak akan kalian lupakan
Hingga nanti dengan bangga kalian akan berkata
Itu anakku

Ayah
Ibu
Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

 
;