Jumat, 24 Maret 2017

Ekologi dan Ilmu Lingkungan

     Ekologi berasal dari bahasa Yunani dan terdiri dari 2 kata, yaitu "Oikos" yang berarti habitat serta "Logos" yang berarti ilmu. Berdasarkan asal bahasanya bisa kita simpulkan bila Ekologi merupakan ilmu yang berhubungan dengan lingkungan, lebih jelasnya Ekologi mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan sesamanya maupun dengan lingkunannya. Ekologi merupakan ilmu yanh sangat luas cakupannya karena mempelajari berbagai hal yang menopang berdirinya kehidupan.
Ekologi berbicara mengenai faktor-faktor biotik dan abiotik yang mempengaruhi kehidupan yang berlangsung pada suatu daerah. 
     Ekologi merupakan ilmu yang tidak hanya berdasarkan teori namun ia berdiri berdasarkan berbagai macam pengamatan yang telah dilakukan. Contohnya ekologi dilakukan berdasarkan pengamatan ada di artikel ini. Artikel tersebut bercerita tentang bagaimana keadaan ekologi pulau Jawa saat ini. Artikel tersebut merupakan sebuah bentuk pengingat tentang bagaimana mudahnya sebuah ekosistem rusak oleh manusia. Disini lah ilmu ekologi berperan, ilmu ekologi mengindikasikan mengenai berbagai macam kerusakan yanh terjadi di alam baik akibat manusia maupun tidak. Setelah ekologi berperan maka setelah itu ilmu lingkungan yang berperan, ilmu lingkungan sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang kedudukan manusia yang pantas di lingkungannya. Ilmu lingkungan berperan untuk menanggulangi bahkan untuk mencegah permasalahan yang ada dan yang mungkin akan terjadi pada lingkungan di masa depan. Ilmu lingkungan dan ekologi pada dasarnya merupakan dua ilmu yang saling berkaitan. Tulisan ini menggambarkan seperti apa ilmi lingkungan itu. Terdapat satu studi kasus mengenai penerapan ilmu lingkungan yang menceritakan tentang perubahan warga Jepang yang mulai menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam menghadapi permasalahan mengenai sampah.
    Ilmu lingkungan dan ekologi merupakan hal yang saat ini sangat dibutuhkan oleh dunia. Sebagai makhluk yang memiliki pengertian maka sudah sepantasnya kita memikirkan lingkungan yang merupakan tempat kita hidup karena tanpa adanya kesadaran dari kita maka lingkungan akan semakin rusak setiap harinya.

1 komentar:

Miliana mengatakan...

bagus sekali untuk belajar infonya kak

casing sosis

Posting Komentar

 
;